Skip links

Kenali Apa Saja Penyebab Terjadinya Henti Jantung Mendadak

Tidak ada seorangpun yang ingin mengalami henti jantung. Kondisi henti jantung atau dikenal juga dengan istilah cardiac arrest atau sudden cardiac arrest (SCA) adalah kondisi yang terjadi saat jantung berhenti berdetak secara tiba-tiba. Henti jantung merupakan kondisi yang berbahaya dan masalah kesehatan yang serius.

Kondisi ini terbilang berbahaya karena saat jantung berhenti berdetak, maka darah yang seharusnya mengalir ke berbagai organ penting juga akan berhenti. Tak heran jika kondisi ini bisa merenggut nyawa seseorang. Pada kondisi ini, biasanya Alat Kejut Jantung diperlukan untuk menyelamatkan nyawa seseorang. Henti jantung bisa saja terjadi karena kelainan irama jantung atau aritmia. Aritmia disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

 

1. Penyakit jantung koroner

Ini adalah penyebab terbanyak dari henti jantung mendadak. Orang yang memiliki penyakit ini biasanya mengalami sumbatan pada pembuluh koroner jantung. Kondisi ini membuat jantung tidak mendapatkan suplai oksigen yang cukup. Orang-orang dengan kondisi ini memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami henti jantung mendadak.

 

2. Penyakit jantung bawaan

Penyakit ini adalah kelainan yang terjadi sejak lahir. Orang dengan peyakit jantung biasanya memiliki risiko henti jantung yang lebih besar dibandingkan dengan orang yang memiliki kondisi jantung normal. Kelainan jantung ini biasanya terjadi karena beberapa kondisi seperti penipisan atau penebalan dinding jantung.

 

3. Penyakit katup jantung

Kondisi ini terjadi saat katup jantung tidak bisa bekerja dengan normal. Penyebab terjadinya penyakit ini karena katup jantung menyempit atau bocor. Bisa juga karena kondisi katup jantung menebal atau melebar.

 

4. Pembesaran jantung

Penyakit hipertensi bisa menyebabkan pembesaran  jantung bahkan gagal jantung. Pembesaran jantung bisa menyebabkan adanya aliran listrik jantung yang tidak normal, sehingga dapat menyebabkan henti jantung tiba-tiba.

Artikel lainnya : 5 tahap pertolongan pertama pada korban henti jantung

Empat penyebab terjadinya henti jantung tersebut bisa membuat Anda lebih waspada, terutama untuk Anda yang memiliki satu dari empat penyakit yang disebutkan di atas. Pastikan Anda melakukan kontrol dan pengobatan secara rutin ke dokter agar meminimalisir kondisi henti jantung.

 

Leave a comment

WhatsApp chat