Skip links

Kenali Lebih Jauh Tentang 5 Tahap Pertolongan Pertama Pada Korban Henti Jantung

Kondisi henti jantung mungkin sudah tak asing lagi bagi banyak orang. Kondisi ini terjadi karena fungsi jantung berhenti secara tiba-tiba. Meski tak terjadi pada banyak orang, namun orang-orang dengan kondisi jantung yang tidak baik seperti mengidap penyakit jantung memiliki risiko yang tinggi terhadap kondisi ini.

Kematian bisa saja terjadi jika kondisi henti jantung tidak ditangani dengan cepat. Jual AED Resmi pasti banyak dicari oleh mereka yang membutuhkannya. Kasus henti jantung mendadak memang berakibat fatal jika pertolongan pertama tak dilakukan. Bagi orang-orang yang sedang berada di dekat seseorang yang mengalami henti jantung, maka kompresi dada harus terus dilakukan sampai ambulans tiba dan tim medis mengambil alih.

Ada beberapa langkah pertolongan pertama yang perlu dilakukan untuk orang-orang yang mengalami kondisi henting jantung, seperti misalnya:

 

1. Lihat kondisi sekeliling

Sebelum menolong korban, cek lingkungan sekitar apakah aman untuk Anda maupun orang lain. Jika di dekat korban ada sumber bahaya seperti kabel listrik yang menjuntai, percikan api dan yang lainnya maka sebisa mungkin jaga jarak dengan korban.

 

2. Cek tingkat kesadaran korban

Jika tingkat kesadaran korban menurun, maka cobalah untuk menepuk bahunya. Jika korban tidak merespons, telponlah ambulans, mengambilkan kotak P3K bila memungkinkan dan alat Automated External Defibilator (AED).

 

3. Atur posisi kepala korban

Sambil menunggu bantuan yang dipanggil datang ke lokasi, cobalah untuk mengatur posisi kepala korban. Tengadahkan kepala korban, lalu periksa bagian dalam mulutnya, jika terlihat ada benda yang menyumbat saluran napas korban, maka ambil segera benda tersebut. Namun, jangan terlalu lama berada dalam tahap ini, segeralah lakukan tahap berikutnya.

 

4. Periksa nadi korban

Periksakan nadi korban dengan menggunakan jari Anda. Raba nadi yang ada di leher kanan dan kiri, lakukanlah selama 5 detik. Jika Anda tidak menemuakn detak nadi korban maka lakukan tahap berikutnya.

 

5. Lakukan pompa jantung

Lakukanlah dengan hati-hati dan konsisten. Berikan pompa jantung sebanyak 30 kali di pertengahan dada dan atur kecepatannya sebanyak 100-120 kali per menit. Setelah melakukan langkah ini, maka buka jalan napas dengan metode head tilt – chin lift. Tahap ini hanya bisa dihentikan saat korban memberikan respon, saat penolong tak mampu lagi memberikan pertolongan atau ketika tim medis sudah datang.

Artikel terkait : penyebab terjadinya henti jantung mendadak

Sebab jantung adalah organ penting yang memberikan dampak pada organ penting lainnya, maka pertolongan pertama pada korban henti jantung dengan tindakan CPR harus diketahui dengan baik. Oleh karena itu, perlu adanya training CPR yang intensif di berbagai industri kesehatan untuk menyelematkan nyawa seseorang.

Leave a comment

WhatsApp chat